Cara mendapatkan produk melalui supplier / agen distributor



  1. Mencari secara online Gunakan internet untuk mencari secara online. Manfaatkan waktu untuk mulai menyaring informasi dan memperhatikan ciri-ciri pemasok yang nantinya bisa diandalkan sebagai mitra bisnis online dropship.
  2. Gunakan mesin pencari Ada Google, Bing, Yahoo, mesin pencari yang menyediakan banyak data penjual online lain. Penjual ada yang sebata menjual, pemilik produk, distributor, atau agen. Bahkan, ada produsen langsung yang bisa dijadikan pemasok dengan harga paling murah, seharusnya.
  3. Riset supplier di marketplace Selain mesin pencari, marketplace seperti Lazada, Blibli, Bukalapak, atau Tokopedia, bisa dimanfaatkan untuk menemukan supplier dropship. Marketplace yang terupdate menyediakan banyak fitur filter pencarian. Pelajari keberadaan penjual di marketplace. Perhatikan harga produk mereka dan perkiraan kualitas produk dan pelayanannya dari ulasan dan testimoni pembeli terdahulu.
  4. Cari toko grosiran di kota Anda Cara lain, Anda bisa mendatangi toko grosir di kota Anda. Anda bisa menemukan produk-produk tertentu di toko offline, lalu berkenalan dengan pemilik tokonya. Diskusikan rencana kerja sama dropship. Kalau dia mau membantu pengiriman kepada pembeli atas nama Anda, mungkin ada peluang untuk bermitra.
  5. Datangi produsen langsung Produsen langsung harusnya bisa menjual produknya lebih murah untuk Anda. Kemudian Anda bisa menjual lagi di internet dengan harga yang lebih tinggi. Sampaikan rencana dropship, kalau produsen mau bermitra, harusnya dia mau mengirimkan produk pesanan kepada pelanggan Anda. Tapi kalaupun tidak mau, Anda yang harus melakukan pengepakan dan mengangkut barang ke kantor kurir. Pekerjaan seperti ini mirip dengan yang dilakukan reseller. Supplier produk dropsip harus menerapkan harga agak murah. Harga produknya lebih murah dari pada harga barang di pasaran. Agar apa? Agar untung dalam perhitungan dagang. Tapi murah saja tidak cukup. Supplier produk dropship harus bisa diandalkan. Nantinya Anda kan dikomplain pelanggan karena barang yang diterima tidak sesuai dengan harapan. Supplier pun harusnya sigap menangani komplain. Anda bisa temukan banyak supplier produk dropship melalui internet. Tapi tidak semua penyedia produk murah bisa diandalkan. Sebaiknya hindari pemasok yang meminta pembayaran saat mendaftar.


Baca juga cara mengoptimasi Facebook

ciri supplier yang handal

Ciri-ciri supplier yang handal adalah memiliki banyak pilihan produk, banyak pilihan kurir untuk pengiriman, respon cepat dalam menangani komplain dan pertanyaan. Coba periksa track record calon supplier Anda.

Banyak pilihan produk Cari penjual yang memiliki banyak pilihan produk, milik sendiri, bukan dropshipper juga. Periksa barang apa saja yang dijual di tokonya. Anda tidak perlu menjual seluruh produk yang dimilikinya. Salah satu cara mencari supplier produk dropship, memperhatikan banyak jumlah produk pilihan yang berkualitas.

Menjamin kecepatan pengiriman Perhatikan jasa logistik mana saja yang digunakan untuk mengirim barang jualannya. Semakin banyak pilihan semakin baik uantuk menjangkau alamat yang Anda inginkan.

Respon cepat terhadap komplain Coba perhatikan kecepatannya dalam menangani komplain. Anda nantinya akan dikomplain pembeli yang kurang puas. Kalau Anda riset di marketplace, bagian ini mudah dipelajari.

Bagaimana track recordnya? Periksa berapa order yang diterima atau ditolak. Berapa produk yang dikembalikan oleh pembeli. Lihat ulasan dan testimoni pelanggannya. Tapi jangan 100% percaya pada testimoni, dalam menerapkan cara mencari supplier produk dropship.

Kebijakan pengembalian barang Pembeli tidak puas dengan barang yang diterimanya. Itu sangat mungkin terjadi karena produk dilihat dari penjelasan tapi kualitas belum diketahui hanya dengan penjelasan semata. Spesifikasi lain mungkin ada riciannya. Namun saat barang diterima ternyata ada perbedaan dan tidak sesuai harapan pelanggan. Dalam situasi seperti inilah kebijakkan pengembalian barang dibutuhkan. Dan Anda pun harus membantu proses pengembalian produk yang tidak sesuai karena komplain pelanggan.

Mungkin, perlu rekening bersama Rekening bersama dibutuhkan untuk menjamin kepastian transaksi pembelian. Ketika supplier belum mengirimkan maka pengelola rekening bersama belum bisa menyampaikan uang ke supplier dropship kita. Uang pembayaran Anda akan disampaikan saat barang telah diterima oleh pembeli dan tidak ada masalah. Sistem ini dapat memastikan uang Anda aman.


Baca Juga Awal Belajar Menjadi Dropship Hingga Berhasil

Dropship itu kan modalnya kecil

Jika modalnya terlalu besar untuk bergabung dengan komunitas dropship, sebaiknya hindari dulu. Bisnis dropship kan modalnya murah bahkan diharapkan nol rupiah. Kalau untuk memulai saja sudah habis modal besar, sebaiknya Anda berpikir lagi untuk bergabung.

Memulai bisnis dropship tidak sulit asal cara dan langkahnya dilakukan dengan benar. Terapkan cara mencari supplier produk dropship yang bisa diandalkan. Tapi jangan juga beranggapan bahwa dropship adalah jalur bisnis cepat kaya dan tanpa ancaman gagal.

Gagal mungkin saja terjadi kalau Anda berhenti. Anda mungkin hanya belajar banyak informasi tentang dropship tapi tidak berbuat apa-apa. Dropship itu berjualan produk, produknya milik supplier andalan Anda. Jika Anda belum mampu menjual, maka bisnis dropship Anda belum berhasil.

Baca juga Cara Jitu Jualan Di Sosmed

Sumber: dari berbagai sumber yang kita himpun.

Comments