cara mengoptimasi Facebook

Sudah bukan rahasia lagi, jika facebook merupakan media sosial yang paling banyak digunakan di dunia khususnya di Indonesia. Dengan jumlah pengguna di Indonesia saja yang mencapai puluhan juta pengguna, menjadikan facebook sebagai salah satu media marketing yang paling efektif.
    Ada dua cara untuk mengoptimalkan pemasaran kita di facebook,
  1. Cara Gratis
  2. Cara Berbayar


Cara gratis dilakukan oleh para pebisnis online dengan memanfaatkan segudang fasilitas yang telah disediakan facebook, mulai dari akun facebook profile (walaupun sebenarnya pihak fb melarang akun profile dijadikan lahan jualan, tapi tetap saja banyak yang menggunakan akun fb profile sebagai media jualannya), selain itu ada grup facebook, fanpage, event, dan fitur pendukung lainnya.

Cara berbayar adalah dengan menggunakan fasilitas fb ads yang disediakan oleh pihak fb untuk meleverage bisnis online para pelaku bisnis online di facebook.
Dicatatan ini, saya tidak akan membahas cara berbayar. Alasannya karena memang saya belum begitu paham dengan fb ads. Jadi saya hanya akan membahas cara yang gratisannya saja terlebih dahulu. Mudah-mudahan nanti seiring berjalannya waktu ilmu saya bertambah dan saya bisa share untuk cara berbayarnya.
Oke langsung kita bahas bagaimana mengoptimasi akun facebook kita untuk kepentingan bisnis yang kita jalankan. Sebenarnya untuk sukses bisnis (katakanlah disini jualan) di dunia facebook itu sederhana, yaitu,

“Kita hanya harus bisa membuat konten (postingan) yang disukai, dibutuhkan dan bisa dilihat sebanyak-banyaknya oleh akun facebook target pasar kita” Disukai = Isi postingannya menarik target pasar untuk berinteraksi Dibutuhkan = Penawaran (baik berupa jualan langsung atau ajakan untuk melakukan sesuatu yang kita inginkan) yang diletakkan didalam postingan mendapat sambutan positif (closing)

Untuk bisa membuat postingan kita disukai, dibutuhkan dan dilihat sebanyak-banyaknya target pasar kita, saya biasanya melakukan hal-hal berikut ini (ini hanya berdasarkan pengalaman saya pribadi, bisa jadi apa yang saya lakukan ini tidak sesuai dengan apa yang Anda atau orang lain lakukan)

  1. Pastikan teman-teman facebook kita adalah teman-teman yang tertarget (memiliki minat yang besar terhadap produk jualan kita).
  2. Contohnya: Saya saat ini jualan produk digital untuk para internet marketer. Maka saya maksimalkan teman-teman fb saya adalah para internet marketer atau pebisnis online. Bagaimana mencari akun-akun target kita.? Yang biasa saya lakukan adalah dengan masuk kegrup-grup yang membahas tentang dunia internet marketing, saya juga mengadd “pesaing” yang sudah memiliki banyak followernya. Apa yang saya lakukan.? Add mereka yang aktif interaksi dipostingan grup maupun dipostingan pesaing kita, sebagai contohnya saya buka grup target misalnya grup IM super NEWBIE. Lihat gambar berikut ini untuk lebih jelasnya:
    Klik pada total like, kemudian klik kanan dan pilih open link in new tab, hasilnya seperti dibawah ini, Silahkan add friend mereka yang belum berteman dengan akun kita.
    Nah itu merupakan cara manual meng-add friends, klik satu persatu. Resiko cara manual ini capek, lama dan rawan banned. Tapi jika ingin otomatis dan aman, kita bisa gunakan tool berbayar yaitu EFBI JUMPER. Dengan tool ini kita bisa add friends otomatis tanpa harus capek dan menunggu lama.


  3. Bangun keakraban dengan target pasar kita yang telah kita add dilangkah pertama tadi.
  4. Caranya dengan like, komen dan share postingan-postingan mereka. Intinya berinteraksilah jalin silaturahim dengan target pasar yang telah kita add tadi. Cara manualnya kita like satu-satu tiap postingan target pasar kita. Baik postingan yang lewat diberanda atau kita sengaja mengunjungi timeline mereka dan klik like postingan mereka. Cara otomatisnya, gunakan fitur LIKE STATUS atau LIKE KOMEN yang ada di tool EFBI JUMPER. Dengan menggunakan tool ini kita bisa sett sesuka kita mau berapa postingan yang akan kita like tanpa harus kita melakukannya, cukup atur aja settingannya. Tinggal klik langsung jalan sendiri otomatis melike sebanyak postingan yang telah kita sett.



  5. Rutin Posting konten yang diminati oleh target pasar kita
  6. Sebelum melancarkan postingan yang berisi jualan, disarankan (tidak wajib) rutin posting hal-hal yang diminati oleh target pasar kita. Ini berfungsi untuk menarik interaksi dari target pasar kita kesetiap posting-posting yang kita publish. Langkah ini pun berfungsi juga untuk meningkatkan trust pada diri kita, karena jika kita sudah memiliki kepercayaan dari target pasar, kita akan lebih mudah menjual sesuatu apapun itu produknya.


  7. Perkenalkan Bisnis Kita
  8. Perkenalkan bisnis kita dengan cara posting hal-hal yang berkaitan dengan aktivitas bisnis kita. Misalnya saya, saya suka posting review produk-produk digital diakun facebook saya ini. Itu untuk menunjukkan jika saya jualan produk-produk digital. Atau jika misalnya Anda bisnis mlm A, Anda bisa posting hal-hal yang menunjukkan bahwa Anda adalah seorang praktisi mlm A, bisa berupa posting foto list downline baru, atau posting foto produk mlm A yang siap dikirim ke downline Anda, dan lain semacamnya.


  9. Aktif interaksi (posting, like) di Grup-grup besar yang sesuai dengan produk jualan kita
  10. Untuk apa kita aktif interaksi digrup-grup besar.? Fungsinya adalah untuk memperkenalkan diri kita lebih luas lagi, sehingga orang-orang yang belum berteman dengan kita akan tertarik untuk meng add akun fb kita. Kita bisa posting dibanyak grup agar kita bisa lebih dikenal dan peluang di add lebih besar lagi. Kita bisa melakukan interaksi digrup secara manual. Dengan cara masuk ke grup-grup target kita kemudian posting atau like setiap postingan yang baru dipublish dan like juga komentar-komentar yang baru. Capek sih kalau kita pake cara manualan ini, makanya saya lebih suka menggunakan tool EFBI JUMPER.



    Dan untuk like komentar kita bisa gunakan fitur yang ini,




  11. Bangun Grup Sendiri
  12. Kenapa harus bangun grup.? Tujuannya adalah untuk menampung lebih banyak target pasar kita, karena jika hanya mengandalkan akun profile hanya terbatas 5000 teman saja + ditambah follower. Tapi dengan grup akan lebih leluasa, lebih banyak menjangkau target pasar dan lebih tertarget lagi dengan nama grup yang spesifik, karena nama akun fb profile tidak bisa atau tidak diperbolehkan menggunakan nama merk (kalaupun bisa tidak bakalan awet alias rawan banned). Nah jika grup kita bisa bebas berexplorasi, karena grup memang sudah diperkenankan untuk bisnis. Dan kitapun bisa lebih bebas berkreasi jika kita memiliki grup sendiri. Kita bisa kapanpun melakukan promosi atau jualan jika kita punya grup sendiri.

    Itulah beberapa hal yang biasa saya lakukan untuk mengoptimasi akun facebook saya. Tips-tips ini berdasarkan pengalaman pribadi saya aja, bukan suatu kemutlakan harus melakukan cara diatas untuk mengoptimasi sebuah akun facebook.


Sumber:"https://www.facebook.com/notes/sopian-abdul-hadi/optimasi-akun-facebook-untuk-jualan/1680393075575029/

Comments