Pantai Glagah Kulon Progo Jogya

Pantai Glagah adalah Pantai yang terletak di Kabupaten Kulon Progo ini memiliki pemandangan yang cukup bagus dengan hamparan pasir dan hamparan tetrapod beton yang menjadi andalannya.
tetrapod beton ini berfungsi untuk menghasilkan deburan ombak yang maksimal di pinggir pantai.


    Keistimewaan dari pantai gelagah yaitu:
  • Lagunanya yang indah

    salah satu keistimewaan dari pantai gelagah adalah lagunanya yang terbentuk dari bagian daratan yang agak cekung yang berisi air laut pasang. Laguna Pantai Glagah pun dimanfaatkan sebagai tempat wisata air, seperti perahu kayuh, kano, hingga sampan kecil yang bisa kamu gunakan untuk berkeliling di laguna. Karena lokasinya yang tenang dan jauh dari debur ombak, laguna ini cukup ramai dikunjungi anak-anak. Untuk orang dewasa, tersedia tempat memancing di laguna ini.

  • Tetrapod beton yang terhampar disepanjang laguna

    Tetrapod terpanjang yang ada di pantai gelagah ini juga merupakan salah satu keistimewaan yang dimiliki oleh pantai gelagah itu sendiri, tetrapod ini terbuat dari struktur beton berkaki empat yang berfungsi sebagai pemecah ombak agar ombak tidak masuk ke bibir pantai lebih jauh lagi. atau untuk mengurangi erosi tepi pantai.

  • Dermaga yang dihiasi oleh tetrapod

    di deretan tetrapod ini ada jalan setapak yang mengarah ke tengah laut, dengan jalan setapak yang dibangun dan di cor. Jalan setapak ini juga berfungsi sebagai akses menuju dermaga. Banyak pengunjung yang memanfaatkan area tetrapod ini untuk memancing sambil menikmati angin laut dan debur ombak.
    Kehadiran jalan setapak yang dikelilingi tetrapod inilah yang menjadi ciri khas dari Pantai Glagah. Kebanyakan pengunjung di Pantai Glagah tak melewatkan momen berfoto, juga memotret lanskap ombak yang terpecah setelah menghantam tetrapod.


  • Spot memancing di dermaga
    Jalan setapak yang menuju ke tengah laut itu juga kerap kali di manfaatkan oleh sebagian orang untuk memancing.
    Bagi yang hobi memancing, persiapkan peralatan pancing terbaik saat berkunjung ke Pantai Glagah. Ada dua spot favorit yang biasanya dikunjungi warga lokal maupun wisatawan, yaitu laguna dan tetrapod. Jika berniat untuk memancing di kawasan tetrapod, kamu harus ekstra hati-hati karena ombak yang cukup besar.
    Apabila ini pertama kalinya kamu memancing, sebaiknya pilih kawasan laguna karena lebih aman. Ikan yang bisa kamu pancing di laguna juga cukup beragam, mulai dari ikan nila, betik, belanak, kakap bakau, betutu, dan ikan gabus.
    Selain itu, di laguna kamu juga bisa menerapkan berbagai teknik memancing, misalnya lure top water atau spot fly fishing. Sedangkan untuk umpan, kamu bisa menggunakan cacing dan lumut. Jika memancing di pinggir laguna, terdapat udang kecil yang bisa kamu tangkap untuk dijadikan umpan ikan-ikan. Memancing di Pantai Glagah tentunya akan memberikan momen yang berkesan.


  • Fasilitas dan akomodasi di Pantai Glagah
    Tak perlu mengkhawatirkan kenyamanan selama berlibur di Pantai Glagah. Fasilitas dan akomodasi yang disediakan sudah memadai, seperti area parkir yang luas, tempat ibadah, toilet, tempat istirahat, penyewaan wahana air, dan rumah makan yang menyediakan hidangan laut.
    Untuk pengalaman yang lebih seru, kamu bisa coba menyusuri pantai dengan menyewa ATV atau motocross yang tersedia di Pantai Glagah. Pasir yang bertumpuk sebagai medan tempuh akan menawarkan tantangan tersendiri bagi pengendara ATV dan motorcross.


  • Harga tiket masuk ke Pantai Glagah
    Untuk masuk ke Pantai Glagah, kamu harus bayar tiket masuk sebesar Rp4.000 per orang. Tiket ini merupakan bentuk retribusi kepada masyarakat setempat yang telah menjaga kelestarian Pantai Glagah. Untuk parkir kendaraan, sepeda motor akan ditarik tarif Rp3.000 per unit dan mobil akan ditarik Rp10.000 per unit.
    Kamu juga harus membawa uang lebih apabila berniat untuk menikmati berbagai wahana wisata yang ada di Pantai Glagah. Jika ingin berkeliling laguna naik perahu, kamu akan dikenakan tarif sebesar Rp5.000 per orang. Sementara itu, jika ingin naik kano kamu akan bayar tarif Rp20.000 per orang.
    Ada pula alternatif untuk menggunakan perahu motor nelayan, di mana kamu harus membayar sebesar Rp5.000 per orang jika ingin berkeliling laguna selama 30 menit. Perlu diketahui bahwa harga-harga tersebut bisa mengalami kenaikan pada musim liburan. Jadi, sebaiknya kamu membawa uang lebih untuk berjaga-jaga.
    Jangan lupa membawa kamera saat liburan ke Pantai Glagah, apalagi jika kamu datang saat senja. Pantai Glagah terkenal memiliki pemandangan sunset yang menakjubkan, jadi pastikan kamu mengabadikan momen tersebut. Jangan tunggu lebih lama lagi, jadikan momen liburan ke Yogyakarta semakin seru dan berkesan dengan memasukkan Pantai Glegah ke daftar destinasi wisatamu!
    Mencoba ATV atau motocross ditemani angin pantai yang sepoi-sepoi akan membuat kamu tetap nyaman berkeliling meski terkena paparan terik matahari. Saat melakukan aktivitas ini, jangan lupa mampir ke tetrapod untuk menikmati pemandangan dan berfoto.
    Bagi yang ingin bermalam dan mencari penginapan, terdapat sejumlah hotel dekat Pantai Glagah yang bisa kamu pilih dengan fasilitas standar. Namun jika berkemah menjadi suatu hal yang ingin dicoba, kamu bisa mendirikan kemah di kawasan sekitar pantai.
    Sebelum pulang, jangan lupa membeli oleh-oleh dari berbagai toko yang dikelola oleh warga lokal. Kebanyakan toko oleh-oleh ini menjual produk kerajinan tangan, aksesori berupa topi dan selendang, serta buah-buahan khas Kulon Progo seperti semangka dan melon.



Comments