Permainan Geudeue-Geudeue Tradisional Aceh



Permainan Tradisional Asal NAD Geudeue-geudeue atau due-due Merupakan permainan ketangkasan yang terdapat di daerah Kabupaten Pidie Provinsi Aceh. Permainan ini Sangat mirip dengan permainan sumo yang berasal dari Negara Jepang.

Perbedaan Geudeue-Geudeue dan sumo adalah terletak pada jumlah pemain.

Permainan ini dikenal sebagai permainan untuk melatih ketangkasan, kegesitan, keberanian, dan ketabahan. Syarat utama permainan ini yaitu pemain geudeue-geudeue harus bertubuh tegap dan kuat serta memiliki otot yang meyakinkan. Mengapa begitu? Kadang-kadang Permainan ini berbahaya, karena merupakan permainan adu kekuatan. Jadi Apa bila anda ingin melakukan permainan ini Persiapkan dan dipastikan anda memiliki syarat yang disebutkan sebelumnya untuk menghindari resiko cidera.

Permainan ini dilakukan oleh seorang yang berbadan tegap.
Langkah-langkah Permainan Tradisional Asal NAD Geudeue-Geudeue
Seseorang tampil di arena menantang dua orang lain yang juga bertubuh tegap.
Pemain Pertama mengajak Pemain Lawan yang terdiri atas dua orang supaya menyerbu kepada yang menantang.
Ketika terjadi penyerbuan, Pemain Pertama memukul dan menghempaskan penyerangnya (pok), sedangkan pihak yang Pemain Lawan menghempaskan pihak yang pertama.
Dalam tiap permainan, Terdapat empat orang juru pemisah yang disebut ureueng seumubla (juri), yang berdiri selang-seling mengawasi setiap pemain.


Sumber : http://permainan-tradisional-nusantara.blogspot.com/2017/01/permainan-tradisional-asal-nad-geudeue.html


Comments